Artikel Bin Baz

Islamic Centre Bin Baz

TIDAK MAU MENUNTUT ILMU KARENA TAKUT BERDOSA APABILA TIDAK MENGAMALKANNYA

Abu Bassam | Selasa, 01 November 2016 - 08:29:14 WIB | dibaca: 2373 pembaca

oleh: Ustadz Fadlan Fahamsyah, Lc, M.H.I Ψ­ΩŽΩΩΨΈΩŽΩ‡Ω اللهُ ΨͺΩŽΨΉΩŽΨ§Ω„ΩŽΩ‰

Di antara tipu daya iblis untuk menggelincirkan (menyesatkan) anak Adam adalah membisikkan ke telinga-telinga mereka untuk menjauhi ilmu agama dan ahlinya. Iblis menebarkan ketakutan kepada kaum awam bahwa jika seseorang mencari ilmu agama, maka ia akan terbebani dengan ilmu tersebut, ditanamkan perasaan bahwa ilmu agama hanya mengekang kebebasan orang, banyak aturan dan membatasi gerakan anak Adam.

Realita mengatakan bahwa tipu daya iblis yang satu ini cukup ampuh menghadang anak Adam dari mempelajari ilmu agama, sehingga menyebabkan masyarakat awam semakin jauh dari cahaya Islam dan tuntunan keselamatan, membiarkan orang awam dalam kebodohan adalah target yang diinginkan oleh syaitan.

Bukankah dengan ilmu agama orang awam tertuntun menuju surga ? Maka iblis pun berusaha sekuat tenaga menghalangi anak manusia berada di atas jalan menuju surga tersebut. Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

Ω…ΩŽΩ†Ω’ Ψ³ΩŽΩ„ΩŽΩƒΩŽ Ψ·ΩŽΨ±ΩΩŠΩ‚Ω‹Ψ§ ΩŠΩŽΩ„Ω’ΨͺΩŽΩ…ΩΨ³Ω ΩΩΩŠΩ‡Ω عِلْمًا ، Ψ³ΩŽΩ‡ΩŽΩ‘Ω„ΩŽ اللهُ Ω„ΩŽΩ‡Ω Ψ·ΩŽΨ±ΩΩŠΩ‚Ω‹Ψ§ Ψ₯ΩΩ„ΩŽΩ‰ Ψ§Ω„Ω’Ψ¬ΩŽΩ†ΩŽΩ‘Ψ©  

"Barangsiapa menempuh perjalanan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga". [HR. Muslim dan Abu Dawud]


Sumber:
Majalah adz-Dzakhîroh al-Islâmiyyah, hal. 62,edisi 95 thn 2015 | www.majalahislami.com
_
via: Group WA Suara Al-Iman
 
 



Berita Terkait