Artikel Stikes Madani

Stikes Madani

PENTINGNYA USAHA DAN TAWAKKAL DALAM MENCARI REZEKI

Abu Bassam | Minggu, 22 Januari 2017 - 08:42:43 WIB | dibaca: 1385 pembaca

Untaian Hadits Nabi:


عن عُمَر رضي الله عنه قَالَ: سمعتُ رَسُول الله صلى الله عليه وسلم يقول: ((لَوْ أَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُونَ عَلَى اللهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يَرْزُقُ الطَّيْرَ، تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوحُ بِطَانًا)). رواه الترمذي، وَقالَ: (حديث حسن).

Dari Umar radhiyallahu anhu, dia berkata : Saya mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : "Seandainya kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakkal tentu Dia akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberi rezeki burung yang pergi di pagi hari  dalam keadaan perut lapar dan pulang di sore hari dalam keadaan kenyang. [HR. Tirmidzi]

Syaikh Muhammad bin Shalih al ustaimin rahimahullah berkata :

Di dalam hadits diatas terdapat beberapa faedah :

1. Wajib bagi seorang hamba untuk menyandarkan urusannya hanya kepada Allah.

2. Tidak ada satu binatang melatapun yang hidup, melainkan Allah yang menjamin rezekinya.

3. Seseorang tidak cukup hanya bertawakkal kepada Allah, tapi dia harus melakukan sebab (berusaha). Seperti seekor burung yang keluar dari sarangnya untuk mencari rezeki.

[Syarah riyadhus Shalihin juz 1 halaman 293-294, karya Syaikh Muhammad bin Shalih al ustaimin rahimahullah( dengan sedikit perubahan]

Marilah kita perbaiki usaha kita dalam mencari rezeki yaitu dengan hanya mencari apa apa yang dihalalkan oleh Allah, serta kita serahkan hasilnya hanya kepada Allah.


----------------------------
via Group WA Suara Al-Iman
 
oleh Admin Grup Suara Al Iman
 
 
Baca Juga:
 
 
 
 
 
 
 



Berita Terkait