Artikel Bin Baz

Islamic Centre Bin Baz

Nasehat: JADILAH ORANG YANG BISA BERSYUKUR

Abu Bassam | Sabtu, 02 April 2016 - 08:31:29 WIB | dibaca: 3140 pembaca

Nikmat yang Allah berikan kepada kita begitu banyak, nikmat yang kita sendiri tidak bisa menghitungnya. Sebagaimana yang telah Allah jelaskan dalam ayat berikut :

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).

Dan adakalanya Allah memberikan nikmat-Nya melalui perantara hamba-Nya. Saat itulah kita harus bisa menjadi seorang hamba yang bersyukur, bersyukur kepada Allah kemudian bersyukur kepada saudara kita yang menjadi perantara nikmat tersebut.

Karena siapa yang tidak bersyukur kepada manusia maka tidak dianggap bersyukur kepada Allah. Nabi bersabda :

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia.” 

[HR. Abu Daud no. 4811 dan Tirmidzi no. 1954. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih].

Maka itu, wahai saudaraku ingatlah jasa-jasa orang yang memberikan manfaat kepadamu, jangan lupakan mereka dalam do’amu, ingatlah jasa kedua orang tuamu, kepada siapa saja yang mengenalkanmu kepada agama ini, karena mengenal agama adalah nikmat yang begitu besar.

Ingat pula jasa gurumu, guru yang mengajarimu membaca A, B, C atau yang mengajarimu ALIF, BA, TA, jangan sombong dihadapan mereka, jangan membanggakan ilmumu di hadapan mereka, jadilah engkau orang yang rendah hati, karena apa yang engkau raih pada saat ini adalah hasil didikan guru dahulu.

oleh: Ustadz Nur Cholis Agus Santoso, S.Pd.I حفظه الله تعالى 
___
via Group WA Suara Al-Iman 
 
 



Berita Terkait