At-Turots Peduli

Atturots Peduli Umat

KAJIAN KANTIN SAMALA DI MASJID SU ICBB #1

Abu Bassam | Senin, 03 Oktober 2016 - 07:53:58 WIB | dibaca: 889 pembaca

KAJIAN KANTIN SAMALA DI MASJID SU ICBB #1

(ICBB-YOGYA) Alhamdulillah pada hari sabtu tanggal 29 dzulhijjah 1437 telah terselenggara kajian perdana Kantin SAMALA (kajian rutin sabtu malam ahad). Kantin samala adalah salah satu program Lajnah Dakwah APU (Atturots Peduli Umat) yang kembali digiatkan dalam rangka meneladani salafus shalih dalam menuntut dan memurojaah ilmu-ilmu diniyah.

Pada kajian perdana ini tidak kurang dari 80 jamaah yang ikut menghadiri dan mengambil faidah dari apa yang disampaikan oleh Ustadz Luqman hafizhahullah selaku pemateri, bertempat di Masjid Abu Bakar Ash-Shidiq atau Masjid Salafiyah Ula (SU / SD) Putra Islamic Centre Bin Baz (ICBB) Yogyakarta.

 

Kajian dimulai setelah sholat maghrib, dengan dibuka oleh Ustadz Mubarok mewakili APU (Atturots Peduli Umat). Beliau menyampaikan pentingnya menuntut ilmu Syar'i, terutama ilmu ttng akidah sebagimana ilmu yang akan dibahas dalam kajian ini, yaitu pembahasan 3 landasan utama dalam akidah dengan mengambil kitab Syarh Tsalatsatul Ushul wa Adilatuha karya Syaikh Haitsam bin Jamil Sarhan.

Selanjutnya sebelum masuk kepada materi inti  Ustadz Luqman membuka kajiannya dengan menyampaikan beberapa kaidah penting dalam menuntut ilmu. Tujuannya agar nantinya para peserta kajian dapat mengambil manfaat yang besar dengan kajian yang dilaksanakan. Beliau mengutip salah satu syair yang di bawakan oleh salah seorang ulama nahwu Syaikh Muhammd bin Ali as-Shoban Al-Misri, "Pada dasarnya prinsip pokok setiap ilmu itu ada 10: definisi, pembahasan, buah, nilai, keutamaan, peletak dasar, nama, sumber, hukum syariah, masalah. Sebagiannya telah mencukupi, tapi jika seseorang mengetahui semuanya maka dia akan sukses dalam belajarnya."

Kajian perdana ini berakhir tepat saat adzan isya' berkumandang, dan insya allah akan dilanjutkan pada pertemuan yang akan datang.

Silakan download rekaman kajian perdana KANTIN SAMALA #1 (klik kanan "save link as")

Kajian ini bersifat untuk Umum Putra, maka bagi kaum muslimin yang ingin mengikuti kajian ini dipersilakan. Semoga Allah Ta'ala mudahkan jalan kita ke Surga dengan sebab menuntut ilmu. Jazakumullahu khoir kepada semua pihak yangg telah membantu terselenggaranya kajian ini.

 



Berita Terkait