Artikel Bin Baz

Islamic Centre Bin Baz

HAK AL-QURAN, SUDAHKAH KITA PENUHI ?

Abu Bassam | Sabtu, 24 Oktober 2015 - 09:28:54 WIB | dibaca: 2642 pembaca

ilustrasi

oleh: Ustadz Abdul Rahman Hadi, Lc حفظه الله تعالى.

Al- Quran adalah kalamullah (Firman Allah), ikatan yang kuat, jalan lurus, dan cahaya yang akan menerangi perjalanan manusia di dunia menuju akhiratnya.

Kitab suci al- Qur’an ini memiliki hak-hak agung, di antaranya:

1. Agar kita membacanya dengan baik, tartil dan memperindah suara serta menghadirkan kekhusyu’kan.

2. Mentadaburi dan memahami maknanya, serta mendengarkannya jika ada yang membacakan, baik saat membaca lafadznya maupun saat ta’lim.

3. Berpegang teguh dengan kandungan al- Quran, menghalalkan apa yang dihalalkan dan mengharamkan apa yang diharamkan, baik yang langsung dengan nashnya langsung maupun lewat sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, karena al- Quran memerintahkan untuk mengikuti sunnah.

Ketika ada perintah untuk bertauhid, maka kita menjadi orang yang bertauhid, ketika mendengar perintah shalat, maka kita menjadi ahli shalat, ketika mendapati larangan syirik, maka kita orang yang paling jauh dari kesyirikan.

Begitu pula perkara-perkara lain, karena al- Quran penuh dengan perintah-perintah dan larangan-larangan demi mewujudkan maslahat agung di dunia dan akhirat.

Disarikan dari kitab tabshiratul Anam, karya Syaikh Abu Islam shalih Taha’, cetakan ad- dar- al- atsariyah Amman- Jordania.

sumber: Group WA Suara Al-Iman SURABAYA



Berita Terkait