Berita Bin Baz

HAFLAH KELULUSAN SANTRI SU ICBB 2016/2017

Abu Bassam | Senin, 05 Juni 2017 - 10:05:58 WIB | dibaca: 858 pembaca

(ICCB-YOGYA) Lantunan merdu ayat-ayat suci al-quran terdengar dari Masjid Abu Bakar, Karanggayam, Piyungan, Bantul, Yogyakarta, pada hari Ahad (4/6) pukul 07.00 WIB menandakan dimulainya Haflah atau Penutupan Akhir Tahun Ajaran 2016/2017. Haflah dalam rangka kelulusan santri Salafiyah Ula (SU) atau setara dengan Sekolah Dasar (SD) yaitu melepas kelulusan santri kelas 6 SU.

Ayat-ayat suci Al Quran yang dibaca bergantian oleh sejumlah santri kelas 6 Salafiyah Ula, setelah itu sambutan dari Kepala Sekolah SU Ustadz Miswanto, S.Pd. dan Sambutan Mudir Eksekutif ICBB Ustadz Jundi Suhardin, Lc, M.Pd.I. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan hadits, lalu dilanjutkan oleh pembacaan pidato perpisahan oleh santri kelas 6 Salafiyah Ula berlangsung dengan khidmat.

Setelah rangkaian acara tersebut, acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para santri dimulai. Acara tersebut adalah pembacaan santri teladan Salafiyah Ula dan pembagian hadiah santri teladan. pembagian santri teladan tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu : SANTRI TELADAN KELAS dan SANTRI TELADAN HAFALAN. Alhamdulillah ada santri yang sudah hafal 30 Juz.

Berikut nama-nama kategori SANTRI TELADAN KELAS yaitu :

Kelas 1 : Uwais Al-Atsary
Kelas 2 : Adib Mubarok Rahmatullah
Kelas 3 : Hammam Mujaddid
Kelas 4 : Zaki
Kelas 5 : Ammar Dhoifullah
Kelas 6 : Ibrahim

Adapun untuk kategori SANTRI TELADAN HAFALAN yaitu :

Kelas 1 : Uwais Al-Atsary, dengan total hafalan 3,35 Juz
Kelas 2 : Ibrahim, dengan total hafalan 3 Juz
Kelas 3 : Hammam, dengan total hafalan 4,5 Juz
Kelas 4 : Ahmad Thoif, dengan total hafalan 7
Kelas 5 : Muhammad, dengan total hafalan 8,5 Juz
Kelas 6 : Khanjar, dengan total hafalan 30 Juz

Selain kategori santri teladan diatas, masih ada satu kategori lagi yaitu santri teladan umum yang diraih oleh santri kelas 6 bernama Hafidzuddin Hilmi. Hadiah yang diperoleh para santri teladan tersebut berupa trofi yang diberikan oleh para asatidzah pengajar Salafiyah Ula yang ikut hadir dalam acara tersebut.

Akhirnya, penutupan dari MC yang dibawakan oleh musyrif pengabdian ICBB menandai berakhirnya haflah akhir tahun 2016/2017 Salafiyah Ula pada jam 09.15 WIB. Akan tetapi, masih ada kegiatan yang cukup menegangkan bagi para santri yaitu pembagian Raport yang berlangsung dikelas masing-masing.

Semoga para santri yang naik kelas dan yang lulus dari SU ICBB memperoleh ilmu yang bermanfaat sehingga menjadi bekal pada jenjang berikutnya. Barakallahu fiikum.

(Nova)



Berita Terkait