Prestasi Bin baz

Islamic Centre Bin Baz

Abdurrahim Syamsuri, Santri PP Islamic Center Bin Baz Yogya Raih Juara 1 Musabaqoh Amir Sulton bin A

Abu Bassam | Selasa, 18 Maret 2014 - 03:33:09 WIB | dibaca: 8489 pembaca

Yogyakarta (ICBB)—Abdurrahim bin Syamsuri, santri PP Islamic Center Bin Baz Piyungan Bantul DIY raih juara 1 dalam kejuaraan kategori tahfidz 20 juz. Lomba ini diikuti 80 peserta yang terbagi dalam cabang hafalan 10, 15, 20 dan 30 juz serta hadits.

Kegiatan ini berlangsung pada 10-14 Februari 2014 lalu di Jakarta. Atas keberhasilannya, remaja kelahiran Bantul 28 Maret 1996 ini berhak mendapat 13 ribu riyal (sekitar Rp 40 juta) dan naik haji gratis atas undangan dari Kerajaan Saudi.

Sebelumnya, Abdurrahim mengikuti lomba serupa cabang nasional pada 19-23 Januari 2014 lalu yang juga berlangsung di Jakarta. Apa kunci keberhasilannya? “Sering muroja’ah (mengulang-ulang hafalan),” katanya saat ditemui di Bidang Penais Zawa Kanwil Kemenag DIY, Selasa (25/2). Ia merasakan sendiri betapa kompetisi di tingkat Asean begitu ketat. “Lawan terberat dari Filipina,” kata putra pasangan Syamsuri-Siyaminah ini yang mengaku  belajar menghafal al Quran sejak TK.

“Saya sangat senang dan bersyukur sekali atas keberhasilan ini,” ujarnya lagi. Ia sejak lama ingin naik haji sejak kecil. Selain itu ia juga mengaku ingin melanjutkan kuliah di Mekkah.

Menurut Kasi MTQ dan Seni Budaya Islam Bidang Penais Zawa Kemenag DIY, H.Suradjiman,SH,MPdI, sebenarnya pihaknya mengirim dua utusan saat lomba tingkat nasional. “Selain Abdurrohim juga Sukmawan Samudera yang ikut tahfidz 15 juz,” ujarnya sembari menerangkan nama terakhir belum berhasil. Adanya bibit potensial seperti ini pihaknya sangat bersyukur sekali dan akan terus meningkatkan pendampingan di masa yang akan datang. “Minimal kita bantu kelengkapan administrasi,” imbuhnya. Sedang untuk pembinaan hafalan akan diserahkan ke pesantren masing-masing.

Sumber: http://yogyakarta.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=178045



Berita Terkait